17 September 2008

Pidato Nasionalisme Barack Obama

Pidato Barack Obama in Denver

Dia memulai dengan mengingatkan akan persatuan Amerika, ia bukanlan kumpulan kaum berdasi atau proletar, Bukan kumpulan kaum kulit putih, hitam atau berwarna, tetapi ia adalah the United States of Amerika. Selanjutnya ia mengingatkan akan American Dream yang dicitakan setiap orang yang memasuki amerika, termasuk ayahnya seorang imigrant Kenya yang mencari peruntukan di AS dan menikah dengan perempuan kulit putih dari Kansas. Dan anaknya sekarang berdiri di podium sebagai kandidat presiden AS.

Dia mengecam kandidat Mc Cain, dari partai republic sebagai kepanjangan tangan Bush. Saksikanlah bahwa policy Bush adalah presiden terburuk dalam sejarah presiden Amerika. Lihatlah prestasinya, sebagai perekat dunia AS dijauhi dimana mana, ekonomi terburuk (deficit neraca perdagangan terbesar sepanjang sejarah amerika ditoreh dalam administrasi Bush. Jadi memilih Mc Cain meneruskan kehancuran AS. Economic hanya mengucur ke perusahaan minyak raksasa AS yang nota bene dimiliki Bush family, Bukan ke rakyat kebanyakan. No health care, you are own you are own (now time for the change in America to select new president). Selanjutnya Obama menyitir kemajuan Clinton dalam ekonomi ketimbang Bush dengan kehancuran ekonomi beserta indikatornya.

Obama menyitir pula keberhasilan dirinya sebagai kelas menengah bawah dalam membesarkan anak anaknya sehingga mendapat beasiswa panjang dalam mendapat best education (Harvard). This is my heros (ungkapan kebanggaan terhadap Obama). Apa yang mesti American promises? Help us not against us for us not hurt us. (menolong kita Bukan anti terhadap kita, untuk kita Bukan melukai kita.

Perubahan apa yang Obama tawarkan: hapuskan tax serendah mungkin (potong Pajak for 95 % untuk kelas pekerja). Obama berjanji akan lepas ketergantungan minyak dari Timur Tengah. Bayangkan 30 tahun Washington asyik dengan ketergantungan Migas dari Timr Tengah (dan Mc Cain ada di dalamnya) Bukan invest energy yang terbarukan (seperti Bio Fuel) . Bio fuel, dan wind power akan dijadikan pokok pembangunan AS mendatang.

Obama menjanjikan pendidikan yang lebih baik dan salary yang lebih tinggi. Now is the time, Health care untuk setiap orang Amerika. Menghapuskan diskriminasi pasien kanker disetiap hospital. Now is time, meningkatkan protect security dan asuransi untuk seluruh Amerikans.

Dia juga menyitir John Kennedy tentang Moral strength untuk membangun negeri ini. Ini merupakan tanggung jawab setiap orang AS.

Obama menjanjikan akan menarik semua tentara AS dr Irak, let Iraqi gov’t mengurusnya sendiri. Hampir 1 trilyun Dollar untuk Iraq war tanpa tujuan yang jelas.

Kita adalah party Rossevelt, kita adalah party John kenedy, jadi kita adalah pemilik sah penerus party ini. Mc Cain hanya meneruskan legacy Bush yang sarat dengan kekacauan policy.

Obama sekali lagi mengingatkan misi nya “Change”, Pemimpin baru, Harapan Baru. Obama menawarkan dirinya sebagai misi American Dream. Amerika yang menjadi pelindung dunia, penyelamat dari perang nuklir dan Climate Change dan terdepan dalam energy terbarukan (Bio fuel)

Obama mengingatkan bahwa Amerika adalah Negara besar yang sedang sakit karena kebijakan yang salah dari elite Washington (selama 8 tahun). Untuk ini, presiden baru harus membawa policy yang memberi kemaslahatan bagi Amerika, perbaikan health care, pendidikan dan rasa aman bagi warga.

Amerika tidak bisa kembali ke belakang (turn back), kita tidak bisa bekerja sendiri, kita bersama menciptakan American dream baru dengan tantangan millennium baru.

THANK YOU

Tidak ada komentar: